Wednesday, November 03, 2021

Simulasi Pelaksanaan ANBK di SD IT MIftahul Iman

Siswa SD IT Miftahul Iman sedang melaksanakan simulasi ANBK

        Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjeng dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yangmendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Begitulah sekilas penjelasan tentang Asesmen Nasional yang tertera di website Asesmen Nasional


        Nah, kali ini SD IT Miftahul Iman melaksanakan Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kegiatan ini bertujuan mensukseskan ANBK yang kan dilaksanakan pada bulan . . .  Simulasi ANBK kali ini diikuti oleh Peserta Didik kelas 5 dengan 2 tahap pelaksanaan. Pelaksanaan Simulasi tahap pertama yang dilakukan pada hari Rabu, 03 November 2021. Sedangkan tahap kedua akan dilaksanakan pada hari berikutnya yaitu hari Kamis, 04 November 2021.

        

        Sebanyak 22 Peserta Didik kelas 5 yang melaksakan ANBK kali ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok tahap pertama yang berjumlah 15 siswa dan kelompok tahap kedua berjumlah 7 siswa.

        

        Simulasi ANBK ini juga bertujuan untuk memperkecil permasalahan yang akan timbul ketika ANBK sebenarnya dimulai. Karena secara teknis, ANBK memerlukan komputer dan internet yang mumpuni. Begitu juga Pserta ANBK juga harus memiliki gambaran tentang bagaimana nantinya pelaksanaan ANBK sebenarnya.

        

        Beberapa permaslahan telah terdeteksi pada simulasi kali ini, yaitu bebrapa komputer yang tidak cocok dengan aplikasi. Selain itu, para siswa yang belum terbiasa juga mengalami kebingungan teknis pelaksanaannya. Beberapa siswa bahkan masih kebingungan dalam menjawab soal-soal yang ada di aplikasi simulasi ANBK kali ini. Dengan adanya simulasi ini, masalah-masalah tersebut cepat terdeteksi dan nantinya SD IT Miftahul Iman akan berupaya semaksimal mungking untuk menyiapkan penunjang terlaksanakan ANBK.