Friday, March 02, 2018

Reading Time SDIT Miftahul Iman from Erlangga


SDIT Miftahul Iman - Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisis, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan oleh penulis dalam media tulisan. Membaca sendiri merupakan salah satu target yang harus dicapai dalam pendidikan dasar. Maka mengajarkan anak-anak membaca menjadi keharusan para pendidik atau pihak sekolah kepada peserta didik.

Jum'at 02 Februari 2018, selain mengajarkan membaca pada kegiatan harian para peserta didik. SDIT Miftahul Iman mendapat dukungan dari Penerbit Erlangga dalam meningkatkan minat baca peserta didik. Hal itu dibuktikan dengan diadakannya kegiatan Reading Time oleh Penerbit Erlangga di SDIT Miftahul Iman. Selain meningkatkan minat membaca peserta didik, kegiatan ini juga bertujuan agar peserta didik terlatih dalam  melakukan kegiatan membaca. Mereka terlatih dalam hal mengambil intisari atau pokok pembahasan dalam bacaan yang mereka baca.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan SDIT Miftahul Iman dan Pak Roni dari pihak Erlangga.



Konsep dalam acara ini adalah peserta didik dipinjamkan masing-masing 1 buku. Setelah dibagikan, peserta didik diminta untuk membaca, selang 15 menit, peserta didik diminta untuk menjelaskan kembali intisari dari bacaan yang mereka baca. Dalam hal ini banyak anak antusias untuk maju kedepan satu per satu memaparkan apa yang mereka baca. Dari sekian banyak berani memaparkan kembali hasil bacaannya, 6 anak yang terpilih paling mampu memaparkan hasil bacaan mereka. Mereka adalah, M. Nafis Habibullah, Wildan Fatih Al-Habsyi, Zara Nadia, Nayla Salsabila, Aulentika Putri Apriyandi dan M. Nafil Habibullah. Masing-masing mendapatkan hadiah buku dari Erlangga.